BUMDes Sukamenak Atasi Krisis Air

By Admin

nusakini.com-- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo blusukan ke sejumlah Desa yang berada di Provinsi Jawa Barat pada Jumat (12/8). Blusukan diawali dari Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, di lanjutkan ke Desa Banyuresmi, Kecamatan Leles Kabupaten Garut dengan menyambangi BUMDes dan sekolah pangkas rambut yang dikelola Desa. 

Dalam blusukanya ke Kabupaten Bandung, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi mengunjungi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sukamenak, Kecamatan Margahyu, yang fokus mengelola air bersih sebagai kebutuhan warga yang berada di Desa Sukamenak. 

Ketua BUMDes Sukamenak, Efendi mengaku banga atas kehadiran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menijau BUMDes Sukamenak yang sudah berdiri sejak tahun 2007. ”Ini kali pertama kami di kunjungi langsun oleh Bapak menteri,” ujarnya. 

Efendi menuturkan BUMDes Sukamenak yang saat ini dipimpinya bergerak dalam pengelolaan air bersih dengan modal awal sebesar Rp15 juta bantuan hibah dari pemda Kabupaten Bandung. Hingga saat ini Bumdesanya tersebut telah memiliki pelanggan sebanyak 700 kepala keluarga.”Pelanggan semuanya warga Desa Sukamenak,” paparnya. 

Air yang bersumber dari tiga sumur bor tersebut di bandrol Rp.1000 per 1m3 dengan rata-rata omsetnya bruto setiap bulan Rp19 jt dan itu kata Efendi 9 jt untuk biaya listrik gaji pengelola 15 % serta alokasi untuk desa sebanyak 10%.” Beresihnya sekitar Rp4 jt setiap bulanya,” paparnya. 

Pengelolaan air bersih yang bertempat dilahan carik Desa tersebut, tambah Fendi, permintaanya sangat tinggi, namun dirinya mengaku tidak bisa memenuhi semua karena keterbatasan volume air. 

"Untuk memenuhi permintan itu kami saat ini tengah merancangan meningkatkan volume air yang telah ada,” katanya, seraya Efendi mangaku bahwa BUMDes Sukamenak juga memiliki koprasi simpan pinjam untuk ibu-ibu yang berada di lingkungan Desa Sukamenak. 

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Teringgal dan Tranmigrasi Eko Putro Sandjojo BUMDes Sukamenak selayaknya bisa dijadikan sebagai salah satu contoh bagi Desa yang untuk mendorong perekonomian masyarakat Desa, untuk mewujudkan Desa Mandiri, Maju dan Sejahtera. 

Eko juga mengatakan salah cara menciptakan Desa Membangun Indonesia salah satu langkah yang mesti dilakukan adalah mendorong perekonomian masyarakat desa melalui BUMDes. "Desa-desa rencananya kami push (dorong) untuk membentuk badan usaha desa," pungkasnya.(p/ab)